Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Macam Aneka Ragam suku bangsa dan budaya nusantara

Macam Macam Aneka Ragam suku bangsa dan budaya nusantara -Ada berbagai aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam yang berbeda- beda pada masing- masing daerahnya seperti bahasa, rumah adat, pakaian adat, dan juga adat istiadat atau kebiasaan. Salah satu jenis dari aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara yang ada di Indonesia adalah rumah adat. Berikut ini adalah aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara rumah adat di Indonesia. 

aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara 

1. rumah adat Krong Bade 

Beda daerah beda pula jenis budaya yang ada karena indonesia kaya akan aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara. Rumah adat krong bade ini adalah salah satu contohnya. Rumah ini adalah rumah adat yang ada di provinsi naggro aceh darussalam. Rumah ini adalah rumah khas aceh yang memiliki arsitektur unik dan berbeda dari rumah adat lainnya. 

2. rumah adat gadang 

Selain rumah adat krong bade, aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara indonesia juga memiliki rumah adat gadang yang merupakan rumah adat khas provinsi sumatera barat. Rumah adat ini memiliki ciri khas atap yang runcing dan membentuk seperti hiasan kepala. 

3. rumah adat bolon 

Rumah adat bolon merupakan rumah adat khas provinsi sumatera utara. Rumah ini bisa dibilang mirip sebuah perahu pada bagian atap rumah. Rumah ini juga memiliki keunikan pada tinggi rumah. Jika pada umumnya rumah- rumah lainnya menempel dengan tanah, namun rumah adat bolon memiliki pembatas tangga antara lantai rumah dengan tanah. Inilah salah satu keunikan yang khas dari aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara yang ada di Indonesia. 

4. rumah adat honai 

Rumah adat yang satu ini berasal dari papua barat. Rumah adat honai memiliki bentuk yang menyerupai jamur berwarna kecoklatan. Rumah ini pun berasal dari kayu sebagai dinding dan juga jerami sebagai atap. Sekalipun begitu, seni membangun rumah ini sangatlah unik dan menarik. 

5. rumah adat tambi 

Rumah adat tambi merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sulawesi tengah. Rumah ini dominan berbentuk segitiga dari bagian atap hingga lantainya. Uniknya rumah ini juga memiliki bentuk yang tinggi dengan kayu sebagai pembatas antara lantai dengan tanah. 

Selain rumah adat, Indonesia masih memiliki banyak aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara lainnya. Setiap perbedaan dari budaya tersebut disesuaikan dengan keadaan dan kondisi lingkungan serta masyarakat yang hidup di daerah tersebut. Rumah, pakaian, maupun kebiasaan yang ada di setiap daerah juga memiliki makna yang khas di dalamnya. Karena itulah aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara ini perlu dilestarikan agar Indonesia tetap memiliki kekayaan budaya yang berbeda dari negara lainnya dan menjadi daya tarik tersendiri untuk Indonesia. 

Itulah tadi uraian singkat mengenai aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara yang ada di Indonesia. Masih banyak aneka ragam suku bangsa dan budaya nusantara lainnya yang bisa anda temukan di Indonesia di berbagai daerah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Macam Macam Aneka Ragam suku bangsa dan budaya nusantara"