Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Macam Budaya Nusantara

Macam Macam Budaya Nusantara-Sebelum mengetahui jenis kebudayaan, Anda perlu tahu bahwa budaya secara umum dapat dikatakan sebagai inti, kepercayaan, pengetahuan, dan perilaku oleh masyarakat untuk menentukan bagaimana seseorang bertindak dan merasakan. Untuk mengetahui ulasan lengkap terkait jenis kebudayaan Nusantara, simaklah ulasan di bawah ini. 

Inilah Jenis-Jenis Budaya Nusantara yang Perlu Anda Ketahui 

1. Rumah Adat 

Apakah Anda pernah mendengar istilah rumah adat? Rumah adat ini termasuk salah satu jenis-jenis budaya Nusantara. Secara umum, rumah adat merupakan kebudayaan Indonesia yang berasal dari arsitektur dan seni bangunan. Rumah adat ini mempunyai karakteristik khusus sesuai dengan daerah asal. 

Rumah adat ini menjadi tempat tinggal suatu suku bangsa tertentu. Perlu Anda tahu bahwa rumah adat yang berada di setiap daerah, merupakan perwujudan dari kebudayaan. Dan nilainya pun cukup tinggi jika dibandingkan dengan kebudayaan Nusantara yang lainnya. 

2. Pakaian Adat 

Jenis-jenis budaya Nusantara yang selanjutnya adalah pakaian adat atau pakaian tradisional. Pakaian adat ini dapat menunjukkan karakteristik dari suatu masyarakat atau suku tertentu. Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia mempunyai beragam pakaian adat yang berbeda di tiap sukunya. 

Sebagai warga Indonesia, kita patut bangga. Hal ini dikarenakan banyaknya pujian untuk pakaian adat dari negara luar. Negara luar saja bangga dan kagum terhadap kebudayaan Indonesia, maka kita sebagai warga negara yang baik harus lebih bangga untuk mengenakannya. Jangan malu dan tunjukkan karakteristik kebudayaan kita di kancah Internasional. 

3. Upacara Adat 

Di Indonesia, untuk mengenang sejarah suatu suku bangsa biasanya dilakukan dengan suatu upacara adat. Upacara sendiri berarti suatu perbuatan yang erat kaitannya dengan peraturan adat, kepercayaan, dan agama. Bisanya dalam suatu suku bangsa tertentu, upacara adat ini dilakukan dalam upacara penguburan, perkawinan, labuhan, dan lain sebaginya. 

4. Seni Musik 

Jenis-jenis budaya Nusantara yang selanjutnya adalah seni musik. Seni musik di Nusantara ini berkembang di seluruh daerah. Biasanya, seni musik ini merupakan hasil turunan dari nenek moyang yang tetap dijaga kelestariannya. Seperti kebanyakan budaya pada umumnya, seni musik juga mempunyai karakteristiknya sendiri. Seni musik ini juga mempunyai berbagai cabang. Ada musik daerah, perjuangan, anak-anak, populer, dan populer. 

5. Tari Tradisional 

Seperti hanya kebudayaan Nusantara yang lain, tari tradisional juga tersebar di seluruh Indonesia. Seni tari merupakan suatu seni yang dapat menunjukkan karakter manusia ketika bertindak. Seni tari tradisional ini lahir dari pikiran dan pengaplikasian kepercayaan suatu masyarakat. 

6. Senjata Tradisional 

Senjata tradisional ini berhubungan erat dengan suatu masyarakat atau suku bangsa tertentu. Senjata tradisional ini digunakan kelompok masyarakat untuk perlindungan dari musuh. Bukan hanya itu saja, jenis budaya satu ini juga digunakan manusia di jaman dahulu untuk mendukung kegiatan manusia dalam berburu dan berladang. Untuk sekarang ini, senjata tradisional dijadikan sebagai identitas Nusantara yang menambah kekayaan kebudayaan Nusantara. Maka dari itu, kita patut menjaga kelestariannya. 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai jenis-jenis budaya Nusantara yang perlu Anda ketahui. Sangat beragam kan kebudayaan yang terdapat di Indonesia tercinta ini? Maka dari itulah, kita sebagai masyarakat yang baik sudah sepatutnya untuk melestarikan dan menjaga kebudayaan tersebut. Karena kebudayaan Indonesia menunjukkan karakter kita.

Post a Comment for "Macam Macam Budaya Nusantara"